< !-- -->

BUKTI BAHWA KEBERHASILAN DIET DITENTUKAN FAKTOR GENETIKA

Info Kesehatan Tentang Diet - Pernahkah teman and menyarankan bahwa "cobalah cara diet seperti yang saya lakukan, dalam beberapa minggu saya sudah turun sekian kilogram" dari ucaan teman anda ini lalu mencoba untuk melakukan diet yang ia praktekan, namun hasilnya tetap saja tidak ada perubahan bahkan memperburuk keadaan. Tehnik dan cara diet dalam beberapa bulan terakhir ini muncul cara cara baru yang dapat kita temukan informasinya dari berbagai negara seperti Diet Mediterania, diet rendah karbohidrat, diet Jepang.

Namun tahukah anda sebenarnya keberhasilan diet juga ditentukan faktor genetika, makanya banyak tehnik yang mereka coba ada yang berhasil dan ada yang tidak berita ini kami kutib berita dari Elsinta.com bahwa Dengan menggunakan tikus yang dibiakkan secara khusus, para peneliti menguji sejumlah diet untuk melihat mana yang berhasil, mana yang tidak, dan apakah diet tertentu menimbulkan gangguan kesehatan.


Mereka menggunakan empat jenis tikus yang dibiakkan secara khusus dengan genetika mewakili populasi umum. Peneliti itu menemukan beberapa diet menurunkan berat badan sebagian tikus tetapi tidak berhasil pada tikus lain atau bahkan memperburuk kesehatannya.

William Barrington, ahli genetika di North Carolina State University yang membantu melakukan penelitian tersebut, menjelaskan, "Kita umumnya melihat diet dengan cara yang sama selama seratus tahun terakhir, dengan asumsi bahwa ada satu diet yang optimal.

Dan apa yang kami temukan adalah bahwa dampak diet tergantung pada genetika seorang yang mengonsumsi makanan dengan diet itu. Jadi, jika teman Anda memberitahu Anda, 'Saya sudah mencoba diet yang sangat bagus. Ini sangat baik buat saya. Anda harus mencoba ini.' Diet itu mungkin memiliki efek yang berbeda untuk Anda."

Selama enam bulan, masing-masing tikus dari jenis yang sama mendapat diet berbeda: satu diberi makan diet Barat yang tinggi lemak, yang lain diberi diet Mediterania yang banyak dipuji, yang satu lagi mendapat diet Jepang yang banyak mengandung beras dan teh hijau, dan kelompok terakhir diberi diet ketogenic, makanan yang karbohidratnya rendah dan berlemak tinggi. Untuk perbandingan, tikus dalam kelompok kontrol diberi makanan standar.

Dalam semua kasus, tikus diizinkan makan sebanyak yang mereka inginkan sementara peneliti terus melacak berapa banyak yang mereka konsumsi dan kesehatan umum mereka, termasuk tanda-tanda pra-diabetes, antara lain obesitas dan penyakit hati berlemak.

Apa yang ditemukan mengejutkan para peneliti itu. Diet Barat, berdampak buruk pada satu jenis tikus, sedangkan tikus jenis lain hanya terpengaruh sedikit atau tidak sama sekali. "Ada tikus percobaan tertentu yang apapun yang mereka makan, itu benar-benar tidak mengubah status kesehatan mereka ... Mereka sedikit gemuk.. tidak peduli apa dietnya. Jadi, dalam beberapa kasus tampaknya pengaruh diet tidak begitu kuat pada beberapa individu," papar Barrington.
Baca Juga: Hindari 6 Jenis Makanan Ini Sebelum Berolahraga
Barrington mengemukakan suatu hari nanti kita bisa menyesuaikan diet khusus untuk orang-orang tertentu agar berhasil. "Temuan ini benar-benar mendorong kita untuk menentukan faktor genetik apa yang mendasari respons diet, dan bagaimana kita dapat memprediksi individu mana yang akan berhasil untuk gaya diet yang berbeda," tambahnya.

Ini adalah konsep yang disebut gizi yang tepat, mengindikasikan bahwa suatu hari nanti dokter akan dapat menggunakan tes genetika untuk menentukan apakah makanan yang kita konsumsi dapat menurunkan berat badan dan memberikan kesehatan yang baik.
Advertisement
BUKTI BAHWA KEBERHASILAN DIET DITENTUKAN FAKTOR GENETIKA